Wong Banyumas harus(nya) Pintar

28 05 2014 11:56:11 | 8324 Kali
Wong Banyumas harus(nya) Pintar

Purwokerto, Rabu (28/05) - Perpustakaan adalah jendela dunia. Buka, Buku, Baca dan Bisa...! Kata-kata itu sering kita lihat di berbagai sudut layanan publik terutama di Perpustakaan daerah maupun Perpustakaan Umum.  Maksudnya adalah ajakan agar kita gemar membaca.  Dengan gemar membaca (diharapkan) kita menjadi pintar dan menguasai berbagai ilmu pengetahuan.

 

Sampai saat ini, Jepang adalah satu-satunya negara di Asia yang mempunyai kedudukan sejajar dalam Iptek dan Perekonomian dengan raksasa dunia seperti Amerika.  Sifat dasar orang Jepang tekun dan pekerja keras.  Mereka selalu mempunyai keinginan untuk bekerja dan memperbaiki hasil kerjanya.  Hal ini tercermin dari budaya mereka yang antara lain memang gemar membaca di berbagai tempat dan tentang apa saja.Tidak heran jika di Jepang banyak tersedia tempat layanan untuk menyalurkan hobi kegemaran membaca.  Bagaimana di Banyumas?

 

Sebenarnya tidak kalah dengan di Jepang. Tengok saja di Banyumas ada beberapa toko buku ternama, ada Perpustakaan Daerah, dan hampir semua SD, SMP, SMA/SMK, Perguruan Tinggi mempunyai perpustakaan dengan literatur yang cukup lengkap.  Bahkan di salah satu lembaga Perbankan (BI) juga ada perpustakaan yang terbuka untuk umum.

 

Pertanyaannya :  Apakah wong Banyumas sudah pintar?  Apakah wong Banyumas gemar membaca?  Apakah Perpustakaan yang ada baik di sekolah maupun tempat-tempat lain banyak dikunjungi?

 

Bersambung.......

 

 

Foto terkait: Dokumentasi Kantor Perpusarda

Foto: Ahmad Tohari (Penulis/Budayawan)

 

 

Sumber: Setia Rahendra (perpusarda)

Related Posts

Komentar