Penelusuran Arsip Banyumas di Arsip Nasional RI

Dilihat : 10945 Kali, Updated: 05 09 2014 10:17:12
Penelusuran Arsip Banyumas di Arsip Nasional RI

Sesuai Program Kerja pada Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (Perpusarda) Kabupaten Banyumas Tahun 2014, pada tanggal 3-4 September 2014 telah dilaksanakan Program Penyelamatan dan Pelestarian Dokumen/Arsip Daerah ke lembaga Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).Kegiatan akuisisi arsip ini bertujuan untuk menambah khasanah arsip statis di lembaga arsip daerah Kabupaten Banyumas, sehingga nantinya dapat dimanfaatkan guna memenuhi kebutuhan layanan keilmuan maupun layanan publik lain bagi masyarakat Banyumas.

 

Kantor Perpusarda Kabupaten Banyumas sebagai lembaga arsip daerah di Kabupaten Banyumas telah mengadakan kunjungan ke ANRI di Jakarta yang dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Perpusarda Kabupaten Banyumas, Drs. Setia Rahendra, M.Si. Dalam kesempatan tersebut Tim Akuisisi diterima langsung oleh Kepala Sub Direktorat Layanan Arsip pada ANRI, Mira Puspitarini, S.Sos., M.Hum. dan jajarannya.

 

Untuk dapat memperoleh pelayanan arsip, Tim Akuisisi terlebih dahulu harus mengetahui prosedur pelayanan arsip sebagai prosedur tetap layanan peminjaman yang ada di sana. Prosedur tetap tentang layanan peminjaman arsip statis berlaku dan digunakan di Subdit Layanan Arsip dengan ruangan yang sangat bagus dan nyaman. Prosedur layanan peminjaman ini meliputi antara lain: layanan peminjaman arsip kertas (konvensional), layanan peminjaman arsip kartografik, layanan peminjaman arsip foto, layanan peminjaman arsip film, dan layanan peminjaman arsip mikrofilm dan kaset.

 

Tim Akuisisi sebelumnya memang sudah mengirimkan surat permohonan peminjaman arsip ke ANRI, sehingga pada saat Tim datang arsip-arsip yang diperlukan oleh pengguna sudah disiapkan. Petugas layanan arsip konvensional dan arsip foto dilayani oleh Arsiparis ANRI, Kris Hapsari, tentang bagaimana cara menelusur arsip statis itu dari deskripsi dan daftar arsip. Pencarian arsip peta (kartografi), arsip film, dan mikrofisi didampingi oleh beberapa personal lain. Proses pencarian dan peminjaman arsip-arsip tersebut berjalan lancar tanpa kendala yang berarti dengan bimbingan dan panduan para petugas layanan arsip.

 

Kemudian arsip-arsip yang diperlukan dicatat dengan formulir penggandaan arsip dan bahan pustaka -- sesuai jumlah arsip, bentuk arsip, dan nominal biaya sesuai indeks lalu diajukan ke petugas untuk biaya administrasi serta pelaksanaan penggandaan. Adapun hasil penggandaan akan dikirimkan langsung kepada pengguna sesuai alamat setelah seluruh proses penggandaan arsip selesai.

 

Kegiatan penelusuran arsip sejarah ke ANRI berjalan dengan baik dan lancar sampai Tim Akuisisi kembali ke kantor di wilayah kerja.

 

 

Foto Terkait Kegiatan:

Gambar 1.

Petugas Layanan Arsip (Ibu Kris Hapsari) sedang menjelaskan prosedur penelusuran arsip tekstual berbahasa Belanda kepada Tim Akuisisi Arsip Kantor Perpusarda Kab. Banyumas

 

 

Gambar 2.

Kepala Kantor Perpusarda Kab. Banyumas (Drs. Setia Rahendra, M.Si.) saat berbincang-bincang tentang kearsipan dan permasalahannya di Kabupaten Banyumas dengan Kasubdit Layanan Arsip (Mira Puspitarini, S.Sos., M.Hum.)

di Ruang Kerjanya.

 

Gambar 3.

Salah satu bentuk arsip tekstual tentang SK Pengangkatan Bupati Banyumas di zaman Belanda (dilarang untuk difoto).

 

 

Gambar 4.

Salah satu bentuk arsip kartografik wilayah Banyumas di zaman Belanda (dilarang untuk difoto)

 

 

Foto: Dokumentasi Kantor Perpusarda

Sumber:  Warsito (Perpusarda)

Komentar