Evaluasi Arsip Desa di Banyumas

Dilihat : 10319 Kali, Updated: 04 06 2014 10:37:27
Evaluasi Arsip Desa di Banyumas

 Purwokerto-Dalam rangka tertib administrasi penyelenggaraan Pemerintah Daerah dan agar dokumen dapat tersimpan dengan baik serta mudah ditemukan kembali, berdasar pada data arsip masuk desa (AMD) yang meliputi: pemberian bantuan sarpras arsip desa se-Jawa Tengah, pembinaan arsip desa oleh pemerintah kabupaten, dan bintek arsip bagi Sekretaris Desa yang diselenggarakan Badan Arsip dan Perpustakaan (Arpus) Provinsi Jawa Tengah, maka perlu dilakukan monitoring dan evaluasi (monev) arsip desa di desa-desa dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah.  

 

Kabupaten Banyumas memperoleh alokasi tiga desa untuk kegiatan evaluasi arsip desa pada tahun 2014 ini. Tiga desa yang telah dilakukan kegiatan tersebut antara lain Desa Patikraja Kecamatan Patikraja, Desa Sokawera, dan Desa Somakaton Kecamatan Somagede. Desa-desa yang dievaluasi arsipnya diprioritaskan adalah desa yang Sekdes sudah pernah Bintek Arsip, masih cukup masa kerjanya dari usia pensiun, dan tidak mengalami mutasi – desa tidak mengalami kekosongan Sekdes.

 

Adapun pelaksanaan evaluasi adalah dua hari yakni tanggal 30-31 Mei 2014, bukan minggu kedua sebagaimana pernah disampaikan pada narasi Pembenahan Arsip Desa yang diposting tanggal 16 Mei 2014 yang lalu. Perubahan jadwal disebabkan karena pertukaran jadwal waktu dengan desa-desa di daerah lain.

 

Tim Pembenahan Arsip yang terdiri tiga orang antara lain adalah Wahyu Putri Andriani, Yuwita Prapti Haryanti (Arsiparis Ahli), dan Laela Hidayati tiba di Kantor Perpusarda Kabupaten Banyumas pada Jumat pagi jam 07.30 tanggal 30 Mei 2014, dilanjutkan turun ke Desa Patikraja, Kecamatan Patikraja dengan didampingi Arsiparis Kantor Perpusarda Kabupaten Banyumas. Pada hari kedua Tim menuju Desa Sokawera dan Desa Somakaton Kecamatan Somagede. Pada kesempatan itu, Tim langsung beraudiensi dengan segenap  perangkat desa berkaitan dengan misi mereka melaksanakan evaluasi arsip desa berkaitan dengan tata kelola arsip desa beserta kendala yang dihadapinya.

 

Tidak banyak hal yang dilakukan kecuali hanya mengecek hasil kerja penataan arsip dan pengelolaan arsip desa baik arsip aktif maupun arsip inaktif. Kemudian juga ada pengisian kuesioner kearsipan desa yang diisikan Sekdes dipandu Tim Badan Arpus provinsi Jawa Tengah sebagai bukti dan hasil bahwa desa tersebut telah dilakukan evaluasi kearsipan.

 

Di samping itu, Tim Badan Arpus Provinsi Jawa Tengah menyampaikan bahwa setelah dilaksanakan kegiatan evaluasi tersebut nanti akan diadakan program paparan kearsipan bagi tiga desa, satu kecamatan, dan lembaga kearsipan daerah sebagai tindak lanjut dari kegiatan arsip masuk desa, sekaligus juga tindaklanjut dari hasil pemantauan dan evaluasi kearsipan, yang akan diadakan di Gedung Gradika Bhakti Praja, Bakorwil III, Purwokerto, dengan waktu yang ditentukan Badan Arpus Provinsi Jawa Tengah.

 

 

 Foto terkait kegiatan:

 

Gambar 1.

Tim Evaluasi Arsip Desa di terima Kades Patikraja, Kecamatan Patikraja di ruang kerjanya. (30 Mei 2014)

 

 

Gambar 2.

Ibu Yuwita Prapti Haryanti, salah satu anggota Tim Evaluasi Arsip Desa sedang mengisi kuesioner kearsipan desa bersama Ibu Lili Suerni, Sekdes Sokawera, Somagede. (31 Mei 2014)

 

 

 

Gambar 3.

Tim Pembenahan Arsip Desa sedang beraudiensi dengan perangkat desa Somakaton, Somagede, tampak Sekdes Satiman beserta Kaur Umumnya sedang menjelaskan penyimpanan arsip desa.(31 Mei 2014)

 

 

Gambar 4.

Ini adalah penataan arsip aktif di Desa Somakaton, Somagede yang telah dilaksanakan oleh perangkat desa (Sekdes) hasil Bintek Arsip oleh Badan Arpus Prov. Jateng.

 

 

Sumber:  Warsito Perpusarda

[removed][removed]

Komentar