Penyuluhan Kearsipan bagi Perangkat Desa di Kalibagor

Dilihat : 6246 Kali, Updated: 22 08 2014 11:12:54
Penyuluhan Kearsipan bagi Perangkat Desa di Kalibagor

Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (Perpusarda) Kabupaten Banyumas telah melaksanakan kegiatan pelatihan singkat atau penyuluhan kearsipan bagi perangkat desa yang diikuti oleh para Sekretaris Desa (Sekdes) dan Kaur Umum sekecamatan Kalibagor. Kegiatan tersebut dilaksanakan atas dasar surat Camat Kalibagor yang ditujukan kepada Kepala Kantor  Perpusarda Kabupaten Banyumas untuk mengadakan Penyuluhan Arsip dan segenap Sekretaris Desa dan Kaur Umum di desa-desa wilayah Kecamatan Kalibagor untuk menghadiri acara itu di Aula Kecamatan pada hari Kamis, 21 Agustus 2014. Acara dibuka oleh Sekretaris Camat Kalibagor, Drs. Wiharyono, M.Si. atas nama Camat Kalibagor.

 

Kegiatan itu diadakan dalam waktu sehari yang terdiri dari materi dan praktik sederhana. Adapun materi penyuluhan meliputi pengelolaan arsip dinamis aktif dan arsip inaktif. Materi yang disampaikan adalah sistem kearsipan pola baru tentang pencatatan surat masuk dan surat keluar dengan menggunakan kartu kendali, tata cara pengisian kartu kendali, pemberlakuan kartu kendali, penyimpanan kartu kendali, penggunaan lembar disposisi, pendistribusian surat, penyimpanan surat dan pemberkasannya, kemudian penataan arsip inaktif secara sederhana setelah masa retensi habis.

 

Membangun kesadaran terhadap arsip memang tidak mudah, akan tetapi membutuhkan kesabaran dalam penyuluhan, pelatihan khusus terhadap petugas arsip, sosialisasi yang kontinyu, penghargaan yang layak bagi tenaga pengelola arsip, dan ketersediaan anggaran kearsipan serta sarprasnya. Di samping itu, yang tak kalah penting dan menentukan adalah dukungan dan kebijakan pimpinan terhadap kearsipan, baik di level atas maupun bawah.

 

Acara berlangsung tertib, santai, dan penuh perhatian dari peserta sampai dengan usai.

 

 

 

Foto Terkait Kegiatan:

 

 

 

 Foto: Dokumentasi Kantor Perpusarda

 

 

Sumber:  Warsito (Perpusarda)

Komentar