Inovasi Kearsipan

 

Inovasi Savira

 

    SAVIRA (Sistem Penyimpanan Arsip Vital Terintegrasi) adalah aplikasi untuk memenuhi kebutuhan Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Banyumas dalam mengelola arsip-arsip penting yang mendukung operasional pemerintahan dan pelayanan publik, untuk menampung, mempermudah, mempercepat akses terhadap arsip vital, dan meningkatkan keamanan dalam pengelolaan arsip vital, dan mendukung transformasi digital. Aplikasi ini diciptakan dilatarbelakangi Arsip Vital mempunyai manfaat besar bagi organisasi penciptanya, bukan hanya sebagai bahan perencanaan, pengambilan keputusan, pengawasan, dan bukti akuntabilitas kinerja, melainkan menjadi persyaratan dasar bagi kelangsungan operasional pencipta arsip, tidak dapat diperbaharui, dan tidak dapat digantikan apabila rusak atau hilang, banyak sekali arsip vital yang tidak dikelola dengan baik, baik itu di perangkat daerah hingga perangkat desa, dan kemudian dibutuhkanlah solusi berbasis digital untuk kemudahan akses dan juga penyimpanan.

     Pengelolaan arsip vital di Kabupaten Banyumas sebelumnya dilakukan secara manual, tidak terstandarisasi, dan rentan kehilangan data. Lebih dari 80% unit kerja tidak memiliki sistem backup atau SOP yang memadai, menyebabkan kesulitan saat penelusuran arsip untuk audit, pemeriksaan keuangan, atau sengketa hukum. Banyak arsip vital hilang atau rusak akibat bencana dan penyimpanan fisik yang buruk.

    SAVIRA hadir sebagai solusi digital terintegrasi untuk mengatasi masalah ini, dengan fokus pada kelompok sasaran seperti unit kerja kecil, wilayah rawan bencana, dan lembaga pelayanan publik yang memiliki keterbatasan SDM.

     Tujuan utama SAVIRA adalah menjamin pengelolaan arsip vital yang aman, mudah diakses, dan terdokumentasi dengan baik, sekaligus mendukung transformasi digital pemerintah. Target kinerjanya meliputi:

• 100% perangkat daerah menggunakan SAVIRA pada akhir 2025,

• 90% arsip vital terunggah secara digital dan terenkripsi,

• Waktu pencarian arsip berkurang dari 48 jam menjadi 5 menit,

• Terciptanya sistem audit trail dan log aktivitas pengguna untuk keamanan data.

Dengan SAVIRA, arsip vital dapat dikelola secara modern, efisien, dan berkelanjutan.

 

Inovasi Si EDI

 

     Inovasi “Si EDI” (Sistem Elektronik Data Individu) didasarkan pada kebutuhan untuk menghadapi tantangan dan perubahan dalam lingkungan kerja modern yang semakin digital. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah cara kerja dan berinteraksi dalam organisasi dan masyarakat secara keseluruhan. Inovasi Sistem Elektronik Data Individu adalah perubahan atau pengembangan teknologi dalam pengelolaan dokumen individu dengan mengadopsi sistem informasi berbasis teknologi elektronik. Inovasi ini bertujuan untuk menggantikan atau meningkatkan proses manual dalam pengelolaan dokumen dengan cara yang lebih efisien, efektif, dan modern.

     Dalam inovasi ini, dokumen-dokumen individu seperti surat-surat, data pribadi KTP, Kartu keluarga, ijazah, dan berkas-berkas lainnya dikonversi ke dalam bentuk elektronik dan disimpan secara digital dalam sistem informasi elektronik. Pengguna dapat mengakses, menyimpan, mencari, dan mengelola dokumen tersebut melalui perangkat komputer atau perangkat mobile dengan akses internet.

     Oleh karena itu, inovasi dalam mengelola dokumen individu menjadi sangat penting untuk meningkatkan efisiensi, aksesibilitas, dan keamanan informasi. Dengan implementasi inovasi “Si EDI” (Sistem Elektronik Data Individu) untuk mengoptimalkan pengelolaan dokumen, meningkatkan efisiensi, keamanan, dan aksesibilitas informasi, serta mempercepat pengambilan keputusan berdasarkan data yang akurat dan terpercaya.

    Latar belakang inovasi Sistem Elektronik Data Individu berasal dari tuntutan masyarakat akan kemajuan teknologi dan kebutuhan akan efisiensi dalam pengelolaan informasi pribadi. Sebelumnya, dokumen-dokumen individu disimpan dalam bentuk fisik, yang rentan terhadap kehilangan, kerusakan, atau pencurian. Pengelolaan dokumen konvensional juga cenderung memakan waktu dan biaya yang cukup tinggi.

     Tujuan inovasi sistem elektronik dokumen individu adalah untuk mengatasi tantangan tersebut dengan menyediakan solusi digital yang aman, efisien, dan mudah diakses. Dengan beralih ke sistem elektronik, informasi pribadi dapat diandalkan tersimpan dan diakses kapan pun diperlukan melalui perangkat berbasis internet. Keamanan data menjadi prioritas utama dengan penggunaan enkripsi dan otentikasi ganda. Selain itu, inovasi ini bertujuan untuk meningkatkan kemudahan dalam berbagai proses administrasi, meminimalkan birokrasi, dan memberikan aksesibilitas yang lebih baik untuk layanan publik dan swasta. Dengan demikian, inovasi sistem elektronik dokumen individu diharapkan dapat meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kenyamanan bagi individu serta organisasi yang mengelola informasi pribadi.

.