Rakornas Bidang Kearsipan: Menelusuri Jejak Arsip Daerah Banyumas

21 05 2014 08:52:31 | 8146 Kali
Rakornas Bidang Kearsipan: Menelusuri Jejak Arsip Daerah Banyumas

Jakarta Senin 20 Mei  2014   Sekali mendayung 2-3 pulau terlampaui, mungkin peribahasa itu yang paling tepat diucapkan apabila kita bisa mengefektifkan pekerjaan atau kegiatan jika waktunya sangat terbatas. Perjalanan panjang sekitar 6 ( enam ) jam tidak menyurutkan semangat hati untuk menelusuri jejak arsip Banyumas yang selama ini terlupakan oleh warga Banyumas terutama pemegang kebijakan di bidang pemerintahan terutama kearsipan.

 

Dalam rangka mengikuti Rakornas bidang Kearsipan yang diselenggarakan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia ( ANRI ) di Swiss Bell Hotel Mangga Besar Jakarta Utara Selasa – Rabu, tanggal 20 - 21  Mei 2014. Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Banyumas ( Drs. SETIA RAHENDRA, M.Si ) sengaja hadir lebih awal di Kantor ANRI untuk menelusuri jejak arsip daerah Banyumas yang tersimpan di Arsip Nasional RI.

 

Sungguh mengherankan ada daftar arsip Banyumas sejak 1830 - 1891 tersimpan di ANRI. Kenapa mengherankan...? heran karena Pemkab Banyumas sebagai pemiliknya tidak memilikinya, tetapi patut bersyukur bahwa arsip - arsip tersebut masih tersimpan baik di ANRI.

 

Arsip Banyumas Kurun Waktu 1830-1891 masih tersimpan baik disini meliputi bidang Pemerintahan, Politik, Administrasi,  Riwayat Demang , Ikhtisar kejadian dll.  Semoga melalui kegiatan ini arsip - arsip di Banyumas dapat kita mintakan salinan untuk melengkapi khasanah kearsipan di Banyumas, serta menjadi pelajaran bagi kita semua.

Sumber:  Perpusarda

Foto: Dokumentasi Perpusarda

Related Posts

Komentar