INHOUSE TRAINING KEARSIPAN DI BBPTUHPT BATURRADEN

Dilihat : 6143 Kali, Updated: 21 11 2014 08:09:59
INHOUSE TRAINING KEARSIPAN DI BBPTUHPT BATURRADEN

Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (Perpusarda) Kabupaten Banyumas telah memperoleh kepercayaan untuk memberikan penyuluhan (inhouse training) masalah kearsipan bagi para pengelola arsip dan para pejabat eselon IV di lingkungan Balai Besar Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BBPTUHPT) Baturraden, selaku instansi vertikal di bawah naungan Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian.

 

Sebelum pelaksanaan kegiatan itu, pihak BBPTUHPT Baturraden yang diwakili arsiparis unit kerja tersebut berkunjung ke Kantor perpustakaan dan Arsip Daerah kabupaten Banyumas. Dalam kunjungannya  ke lembaga arsip daerah Kabupaten Banyumas arsiparis BBPTUHPT bermaksud untuk melihat secara langsung kondisi kearsipan Pemkab Banyumas serta melakukan tukar pikiran (sharing) tentang masalah tersebut.

 

Inhouse training pengelolaan arsip dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 18 November 2014 pukul 09.30 WIB di Gedung B BBPTUHPT Baturraden yang diikuti 22 orang dari lembaga tersebut. Pada sambutan awal Kabag Umum BBPTUHPT Baturraden Ir. Siti Bunaida menjelaskan bahwa pengelolaan arsip di unit kerjanya semakin krusial bila tidak di tangani segera. Untuk itu, agar pemahaman dan pengetahuan tentang tata cara pengelolaan arsip yang sesuai standar kearsipan dapat  dilaksanakan di Balai Besar tersebut, maka diadakan inhouse training pengelolaan arsip. Mengingat kondisi arsip yang semakin menumpuk dan sebagai bukti pertanggungjawaban lembaga pemerintah serta pengamanan arsip dan aset di saat terjadi bencana, seperti dikhawatirkan status siaga pada Gunung Slamet apabila terjadi letusan.

 

Materi arsip yang disampaikan antara lain tentang tugas kearsipan yang harus dilaksanakan oleh lembaga arsip daerah maupun instansi pencipta arsip, manajemen kearsipan (life cycle record) yang meliputi tahap penciptaan (creation), tahap penggunaan dan pemeliharaan (use and maintenance),  tahap penyusutan arsip (disposal),  disertai dengan pertanyaan-pertanyaan dari para peserta inhouse training. Acara berlangsung tertib dan penuh perhatian dari peserta sampai dengan selesa pukul 15.00 WIB.

 

 

 Foto Terkait Kegiatan:

Gambar 1.

Kabag Umum, Ir. Siti Bunaida dan Kasubbag Kepegawaian dan Keuangan, Untung Rohadi, B.Sc.

saat menerima Arsiparis Kantor Perpusarda Kab. Banyumas di BBPTUHPT Baturraden.

 

Gambar 2.

Kabag Umum BBPTUHPT Baturraden usai memberikan sambutan pada In House Training Kearsipan

mewakili Kepala Balai yang sedang dinas luar di Gedung B unit kerja tersebut.

 

Gambar 3.

Suasana inhouse training di Gedung B BBPTUHPT Baturraden yang diikuti 22 orang dari jajaran PNS di unit kerja tersebut.

 

Gambar 4.

Rahmania Sidra, S.P., ini adalah satu-satunya arsiparis BBPTUHPT yang tengah mencatat dalam forum inhouse training.

 

 

Foto: Dokumentasi Kantor Perpusarda Kab. Banyumas

Sumber: Warsito (Perpusarda)

Komentar