PERINGATAN HARI GERAKAN NASIONAL BELA NEGARA TINGKAT KABUPATEN BANYUMAS TANGGAL 19 DESEMBER 2014

Dilihat : 5521 Kali, Updated: 19 12 2014 11:06:02
PERINGATAN HARI GERAKAN NASIONAL BELA NEGARA  TINGKAT KABUPATEN BANYUMAS TANGGAL 19 DESEMBER 2014

Dalam rangka memperingati Hari Gerakan Nasional Bela Negara, Pemerintah Kabupaten Banyumas dan jajarannya beserta Muspida telah mengadakan upacara di Halaman Pendopo Sipanji Kabupaten Banyumas. Upacara yang diikuti oleh PNS, TNI, pelajar, dan Pramuka itu berlangsung tertib dengan Inspektur Upacara Wakil Bupati Banyumas, dr. Budhi Setiawan.

 

Dalam sambutan tersebut Wakil Bupati Banyumas membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia yang menyampaikan bahwa upaya bela negara harus ditegakkan dalam rangka eksistensi dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Potensi negara yang besar harus dipertahankan demi kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara serta untuk kesejahteraan seluruh rakyat. Oleh karena itu, segala sesuatu yang merupakan ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan (ATHG) harus diberantas dari bumi Indonesia, seperti pencurian ikan laut (illegal fishing), korupsi, penyelundupan dan penyalahgunaan narkoba, yang harus diperangi dan diberantas agar kehidupan bangsa tetap aman, damai, dan lestari.

 

Membela dan mempertahankan negara memang bukan hanya menjadi kewajiban militer atau tentara, tetapi juga wajib bagi segenap warga negara dan seluruh rakyat Indonesia. Jumlah penduduk yang besar merupakan salah satu kekuatan bagi NKRI. Karena, upaya bela negara tidak hanya dengan perjuangan secara ofensif tetapi juga bisa dilakukan secara politik dan diplomasi, sebagaimana pernah dilakukan Mr. Syarifudin Prawiranegara di Sumatera dulu dalam perjuangan menegakkan kedalutan Negara Republik Indonesia.

 

Penyelenggaraan peringatan Hari Gerakan Nasional Bela Negara adalah yang pertama di tahun 2014 ini.

 

Foto Terkait Kegiatan:

Gambar 1.

Halaman Pendopo Sipanji Kabupaten Banyumas -- sebelum upacara dilaksanakan.

 

 

Gambar 2.

Persiapan Upacara memperingati Hari Gerakan Nasional Bela Negara Tahun 2014 – ayo baris yang rapi.

 

 

Gambar 3.

Peleton TNI – demi membela negara berbaris yang rapi.

 

 

Gambar 4.

Upacara segera dimulai, seluruh PNS berbaur dalam barisan – bela negara.

 

Foto: Dokumentasi Kantor Perpusarda Kab. Banyumas

Sumber: Warsito (Perpusarda Kab. Banyumas)

Komentar