BIMTEK PENGELOLA PERPUSTAKAAN PENERIMA HIBAH BUKU SIAP LAYAN, SARANA DAN PRASARANA LAINNYA PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2024 EKS KARESIDENAN BANYUMAS

Dilihat : 1110 Kali, Updated: Selasa, 25 Juni 2024
BIMTEK PENGELOLA PERPUSTAKAAN  PENERIMA HIBAH BUKU SIAP LAYAN, SARANA DAN PRASARANA LAINNYA  PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2024 EKS KARESIDENAN BANYUMAS

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah melaksanakan Bimtek Pengelola Perpustakaan Pondok Pesantren dan Taman Bacaan Masyarakat untuk Perpustakaan Penerima Bantuan Hibah Buku Siap Layan dan Sarana Penunjang Lainnya (Rak Buku) Tahun 2024 di 6 (enam) Kabupaten/Kota di Jawa Tengah. Salah satunya diselenggarakan di Kabupaten Banyumas untuk penerima hibah di wilayah eks karesidenan Banyumas pada Kamis-Jumat, tanggal 20 dan 21 Juni 2024 bertempat di Ruang Serbaguna Dinas Arsip dan Perpustakaan daerah Kabupaten Banyumas.

Peserta bimtek terdiri dari pengelola perpustakaan Pondok Pesantren dan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) penerima bantuan hibah buku dan sarana prasarana lainnya eks karesidenan Banyumas yaitu dari Kabupaten Banyumas, Cilacap, Purbalingga, dan Banjarnegara.  Peserta sebanyak 38 orang. Dari Kabupaten Banyumas sendiri ada 5 (lima) pondok pesantren penerima bantuan hibah yaitu Ponpes Sains Al Qur’an Nusantara Tambaksogra Sumbang, Ponpes Modern Darul Qur’an Al Karim Karangtengah Baturraden, ponpes Roudlotul Huda Tinggarjaya Jatilawang, Ponpes Al Masda Rancamaya Cilongok dan Ponpes Al Ittihad Pasir Kidul Purwokerto Barat.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Banyumas, Agus Anggraito, AP.M.Si menerangkan bahwa bimtek dilaksanakan setelah dilaksanakan verfikasi dan validasi terhadap calon penerima bantuan hibah sebelumnya. Bimtek secara resmi dibuka oleh De Fransisco Da Silva Tavares selaku Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Jumlah buku yang dihibahkan ke masing-masing perpustakaan sebanyak 750 eksemplar ditambah prasarana berupa rak buku.

Kegiatan Bimtek dilaksanakan selama 2 (dua) hari dengan narasumber pustakawan Disarpus Provinsi Jateng yaitu Tri Widiarti dan pustakawan Dinarpusda Kabupaten Banyumas yaitu Fuad Zein Arifin dan Irma Suryani. Materi yang diberikan terdiri dari Pengantar Ilmu Perpustakaan, Pengembangan Koleksi, Klasifikasi dan Katalogisasi, Pengenalan Otomasi, Minat Baca, Administrasi Perpustakaan, Layanan Perpustakaan dan Pelestarian Bahan Pustaka.

 

RED. Entik H (Pustakawan)

 

Komentar