Pengukuhan Bunda Literasi Semarak Bulan Bahasa Tahun 2023

Dilihat : 673 Kali, Updated: Selasa, 31 Oktober 2023
Pengukuhan Bunda Literasi Semarak Bulan Bahasa Tahun 2023

 

Pengukuhan Bunda Literasi dan Pemberian Hadiah Library Reels Competition oleh Pj Bupati Banyumas.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari sabtu, 28 Oktober 2023. Bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda.
Pengukuhan Bunda Literasi di lakukan di halaman Dinarpusda Banyumas menggantikan Ibu Erna Husein yang telah usai masa jabatannya.

Ibu Laksmi Prayulia Dianti istri Pj Bupati Banyumas dikukuhkan menjadi Bunda Literasi yang baru sebagai upaya untuk terus meningkatkan minat baca di Kabupaten Banyumas.
Dalam acara yang sama ini Pj Bupati Banyumas dan Bunda Literasi juga turut memberikan hadiah dan ucapan selamat kepada para pemenang Library Reels Competition.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Banyumas Agus Anggraito mengatakan, pengukuhan Bunda Literasi merupakan upaya untuk terus meningkatkan minat baca di Kabupaten Banyumas. Menurutnya, membangun masyarakat literasi harus dibangun dari lingkungan keluarga sehingga memerlukan perhatian orang tua.

dengan adanya literasi ibu dapat menggugah seluruh pemangku kepentingan untuk terus menyebarkan kecintaan membaca yang kemudian ditularkan ke kecamatan dan desa di Kabupaten Banyumas.

Bunda Literasi Laksmi Hanung Cahyo Saputro mengatakan dikukuhkannya ia menjadi Bunda Literasi merupakan suatu kehormatan sekaligus tantangan. Ia mengajak semua untuk terus bergerak bersama melakukan upaya-upaya untuk mengembangkan literasi, baik di lingkungan keluarga, satuan pendidikan, maupun masyarakat.

“Era sekarang kita dihadapkan fakta bahwa minat membaca khususnya bagi generasi muda tidak mengalami peningkatan. Membaca buku sudah bukan menjadi suatu alternatif kegiatan yang menarik lagi. Banyak anak muda sekarang lebih tertarik untuk berlama-lama bermain gadget dan mengikuti trend di media sosial yang belum tentu memiliki nilai yang positif,” katanya

Menurutnya kondisi tersebut menjadi tantangan, untuk merancang dan mengimplementasikan inovasi-inovasi terbaik guna menumbuhkan minat baca. Hal tersebut penting dilakukan bersama-sama karena peningkatan literasi merupakan kunci utama mewujudkan sumber daya manusia yang handal dan berkualitas.

“Kita semua mempunyai peran untuk mencapai  cita-cita itu dengan terus memberikan motivasi agar membaca buku dan berkunjung ke perpustakaan menjadi alternatif hiburan untuk mengisi waktu luang,”.

Pj Bupati Banyumas, Hanung Cahyo Saputro yang meminta, Dinas Arpusda terus berinovasi dan memberi kemudahan sebagai upaya mendongkrak minat baca. Ia juga mendorong kepada Bunda Literasi untuk dapat menginspirasi, mendorong dan memotivasi lebih banyak ibu-ibu di luar sana untuk lebih aktif dalam membaca, belajar, meningkatkan literasi dan mengembangkan kapasitas diri.

“Literasi adalah kunci utama untuk menggali potensi, membuka pintu pengetahuan, dan mengembangkan masyarakat yang cerdas dan berbudaya. Kita semua tahu bahwa Kabupaten Banyumas adalah tempat yang kaya akan budaya, tradisi, dan potensi besar. Namun, untuk mengangkat potensi ini, kita perlu memiliki masyarakat yang berpengetahuan, peduli akan keberlanjutan, dan mampu berkomunikasi dengan baik,” katanya

Hal tersebut menurutnya, merupakan fondasi dari masyarakat yang cerdas, produktif, dan berdaya saing. Literasi bukan hanya sekadar keterampilan membaca dan menulis, tetapi juga kemampuan untuk memahami, menganalisis, dan mengomunikasikan ide-ide dengan baik.



#SalamLiterasi

Komentar