BIMBINGAN TEKNIS PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DESA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2014

Dilihat : 11494 Kali, Updated: 16 10 2014 10:11:49
BIMBINGAN TEKNIS PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DESA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2014

Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kab. Banyumas (Perpusarda) menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Perpustakaan Desa Tahun 2014. Bintek yang dilaksanakan selama 2 hari dari hari Selasa-Rabu tanggal 14-15 Oktober 2014 di Aula Kelurahan Sokanegara Kecamatan Purwokerto Timur diikuti oleh  73 peserta dari 6 kecamatan yaitu Kecamatan Sokaraja, Sumbang, Kembaran, Kalibagor, Patikraja dan Banyumas.

 

Dalam laporan Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Banyumas Drs. Setia Rahendra, M.Si selaku Ketua Penyelenggara menyampaikan bahwa tujuan Bintek adalah untuk meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan, wawasan dan ketrampilan dibidang perpustakaan. Setelah mengikuti bimbingan teknis pengelolaan perpustakaan desa ini peserta diharapkan mampu melaksanakan pengelolaan perpustakaan di desa sehingga dapat menunjang penyelenggaraan perpustakaan desa sebagai lembaga layanan bahan perpustakaan dan informasi kepada masyarakat untuk kepentingan pendidikan, informasi, penerangan, rekreasi dan hiburan.

 

Pelaksanaan Bintek Pengelolaan Perpustakaan Desa dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Banyumas Bapak Ir. Wahyu Budi Saptono, M.Si.  Dalam sambutannya Sekda menyampaikan bahwa pendidikan merupakan akar dari peradaban sebuah bangsa, sehingga pendidikan menjadi kebutuhan pokok yang harus dimiliki setiap orang agar bisa menjawab tantangan kehidupan.  Oleh karena itu perpustakaan desa perlu dikelola dan diberdayakan dengan sebaik-baiknya dalam kaitan ini pemerintahan desa dan pengelola perpustakaan desa harus menerapkan konsep kesetaraan dan keterbukaan dalam peningkatan pelayanan perpustakaan desa. Diharapkan juga bimbingan teknis ini tidak hanya sekedar “Learn To Know” tetapi mampu menjadi sarana “Learn To Do” dimana dengan mengikuti Bimbingan Teknis Pengelolaan Perpustakaan Desa peserta memiliki pengetahuan, wawasan dan keterampilan yang memadai dalam pengelolaan dan pemberdayaan sekaligus mampu memberikan layanan yang memuaskan di perpustakaan desanya masing-masing.

 

Tenaga pengajar dan materi Bimbingan Teknis Pengelolaan Perpustakaan Kabupaten Banyumas terdiri dari :

  1. Pengantar Perpustakaan dan Kebijakan Perpustakaan disampaikan oleh Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Drs. Setia Rahendra, M.Si.
  2. Pengolahan Bahan Pustaka dan Perawatan dan Pemeliharaan Bahan Pustaka disampaikan oleh Pustakawan UPT Perpustakaan UNSOED Purwokerto Djoko Prasetyo, M.IP.
  3. Administrasi Layanan Perpustakaan dan Pengembangan Koleksi Perpustakaan disampaikan oleh Pustakawan Kantor Perpusarda Kabupaten Banyumas Fuad Zein Arifin, S.Pd.

 

Dalam kegiatan Bintek tersebut peserta mengharapkan adanya perhatian pemerintah untuk sarana dan prasarana baik berupa bantuan buku dan pembangunan gedung perpustakaan desa.

 

Foto Terkait Kegiatan:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Foto: Dokumentasi Kantor Perpusarda

Sumber: Widhiastuti Setyorini, S.Sos (Kasi Pembinaan Perpustakaan dan Arsip)

Komentar