PENELUSURAN ARSIP SEJARAH BANYUMAS

Dilihat : 6982 Kali, Updated: 16 12 2014 08:27:10
PENELUSURAN ARSIP SEJARAH BANYUMAS

Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (Perpusarda) Kabupaten Banyumas telah mengadakan kegiatan lanjutan melakukan penelusuran arsip sejarah Banyumas setelah dari ANRI dan Badan Arpus Provinsi Jawa Tengah, langsung bertemu dengan budayawan dan sumber sejarah lisan di wilayah Kecamatan Banyumas. Dilanjutkan juga dengan mencari sumber sejarah lisan lain,  yakni tokoh muda yang telah berkecimpung pada Banjoemas History Heritage Community.

 

Kepala Seksi Pengelolaan dan Pelayanan Arsip (Kasi P2A) Kantor Perpusarda Kabupaten Banyumas beserta Arsiparis dan staf bertemu dan beraudiensi langsung dengan mantan Pamong Budaya Banyumas, K.P.H. Drs. R. Pudjianto Budoyonegoro, B.A. di kediamannya di Desa Pakunden, Banyumas dan R.A. Umiasih Setiati Gandasoebrata di Dalem Kepangeranan, Desa Sudagaran, Banyumas.

 

Dari kedua narasumber tersebut dapat diperoleh lisan maupun tulisan tentang sejarah kebanyumasan berkaitan dengan eksistensi Pemerintah Kabupaten Banyumas di masa lampau. Adapun hasil yang diperoleh antara lain sumber tertulis mengenai : Babad Banyumas, Sejarah dan Silsilah Bupati Banyumas dan Keturunannya, dan beberapa catatan lain baik yang bertuliskan latin maupun huruf Jawa.

 

Adapun dari Jatmiko Wicaksono, S.Sn., pengelola Banjoemas History Heritage Community dan website www.banjoemas.com memberikan keterangan tentang tata letak bangunan kuna di kota kecil Banyumas di zaman Belanda. Dari yang bersangkutan diperoleh data tentang peta Banyumas Kuna dan beberapa foto lama.

 

Hasil penelusuran arsip sejarah dikumpulkan Kantor Perpusarda Kabupaten Banyumas dalam rangka menambah khasanah arsip sejarah Banyumas guna memenuhi kebutuhan pengguna arsip seperti siswa, mahasiswa, guru, dosen, dan masyarakat lainnya.

 

Foto Terkait Kegiatan:

Gambar 1.

KPH Drs. R. Pudjianto, B.A., saat menerima Kasi P2A Kantor Perpusarda Kab. Banyumas, Wiyati Dwi Martitin dkk. di kediamannya di Karangturi, Pakunden Banyumas, pada hari Rabu, 26 November 2014.

 

 

Gambar 2.

Dalem Kepangeranan di sebelah timur Eks Kaputen Banyumas – tampak dari depan, sebagai tempat tinggal mantan Bupati Banyumas Lama, Raden Arya Gandasoebrata. Bangunan ini layak sebagai benda cagar budaya.

 

 

Gambar 3.

Suasana teras depan Dalem Kepangeranan. Bangunan ini sampai sekarang merupakan hak milik pribadi keturunan dari mantan Bupati Gandasoebrata.

 

 

Gambar 4.

R.A. Umiasih Setiati Gandasoebrata (Bu Yeti) adalah cucu mantan Bupati Gandasoebrata, sedang menjelaskan tentang Dalem Kepangeranan dan keluarga besar mantan Bupati tersebut.

 

 

Gambar 5.

Salah satu foto koleksi Kepangeranan -- Pertemuan Bupati sekaresidenan Banyumas di Purbalingga tanggal 10 Mei 1914, tampak Bupati Banyumas K.P.A.A. Gandasoebrata (kedua dari kiri) , sebelah kirinya Bupati Purbalingga K.R.A. Dipakesuma VI, tengah Bupati Cilacap R.M. Adipati Tjakrawerdaya, sebelah kanannya Bupati Banjarnegara K.R.T. Djayanegara II, dan paling kanan Bupati Purwakerta R.T. Tjakranegara III.

 

 

Gambar 6.

Bu Yeti dan suami yang ramah saat melepas Pak Pudji dan kami pulang  di halaman depan Kepangeranan. Lingkungan bangunan kuna ini memang luas baik depan maupun belakang, tetapi kurang terawat.

 

 

Gambar 7.

Peta Kota Banjoemas Lama, arsip ini diperoleh dari Ketua Banjoemas History Heritage Community, Mas Jatmiko Wicaksono, S.Sn. dan telah digandakan.

 

 

Foto: Dokumentasi Kantor Perpusarda Kab. Banyumas

Sumber: Warsito (Perpusarda Kab. Banyumas)

 

Komentar