STUDY BANDING KANTOR PERPUSARDA KAB.BANYUMAS

Dilihat : 11220 Kali, Updated: 16 02 2015 13:09:30
STUDY BANDING KANTOR PERPUSARDA KAB.BANYUMAS

Purwokerto (16/2) Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Banyumas pada hari Kamis (12/2) mengadakan study banding/kunjungan ke Kantor Perpustakaan Kabupaten Wonosobo dan Perpustakaan Desa “Puspa Sari” Desa Sariyoso Kabupaten Wonosobo.

 Rombongan yang dipimpin langsung oleh Kepala Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Banyumas Mas Wigrantoro Noer Sigit, SH.,MH. dan diikuti Kasi Pengelolaan dan Pelayanan Perpustakaan, Kasi Pembinaan Perpustakaan dan Arsip, Pustakawan dan dua staf teknis disambut dan diterima langsung oleh Kepala Kantor Perpustakaan Kabupaten Wonosobo Drs. Suharna, M.Pd yang didampingi para kepala seksi, pustakawan dan staf.

 Mas Wigrantoro Noer Sigit atau yang lebih akrab disapa Mas Noer ini menyatakan maksud dan tujuan study banding untuk menambah wawasan, serta dalam rangka penataan tempat gedung baru, peningkatan kapasitas aparatur guna mendukung kualitas layanan dan besar harapannya di tahun 2016 Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Banyumas dapat seperti Kantor Perpustakaan Kabupaten Wonosobo yang pernah menjadi Juara Tingkat Nasional tahun 2010.

 Dalam study banding selain mendapat penjelasan tentang profil perpustakaan Kabupaten Wonosobo, rombongan juga diberi kesempatan untuk tanya jawab untuk mengetahui lebih jauh Perpustakaan Kabupaten Wonosobo. Dalam kesempatan ini Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Banyumas (Perpusarda) memberikan cindera mata, buku produk unggulan Kabupaten Banyumas.

 Acara dilanjutkan melihat ruangan-ruangan yang dimiliki Kantor Perpustakaan Kabupaten Wonosobo yang antara lain Ruang Diskusi, Audio Visual, Ruang Pustakawan, Ruang Referensi, Ruang Bermain Anak, Ruang Kepala, Ruang Tata Usaha, Ruang Pengolahan, Ruang Para Kasi, Ruang Layanan Sirkulasi beserta Ruang Baca, serta ruang pendukung lainya seperti Kantin dan Fotocopy.

 

Kelebihan yang dimiliki Kantor Perpustakaan Kabupaten Wonosobo antara lain tempat strategis berada di sebelah alun-alun, struktur organisasi khusus perpustakaan tanpa arsip, pembangunan gedung satu paket dengan sarana prasarana, sudah menjadi tempat pusat kegiatan masyarakat, serta memiliki sarana pendukung seperti fotocopy dan kantin.

 Kantor Perpustakaan Kabupaten Wonosobo yang memiliki Sumber Daya Manusia sejumlah 24 orang ini khusus mengelola perpustakaan dimana Kantor Perpustakaan terpisah dengan bidang Arsip, sementara Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Banyumas yang memiliki Sumber Daya Manusia sejumlah 33 orang mempunyai  dua kegiatan, Perpustakaan dan Arsip.

 Sebelum kembali ke Banyumas, rombongan berkesempatan melihat Perpustakaan Desa “Puspa Sari” Desa Sariyoso Kabupaten Wonosobo yang menjadi Juara Tingkat Nasional tahun 2014.
.

 

Image 1
Study banding Ke Wonosobo

Image 2

Study banding Ke Wonosobo

Image 3

Study banding Ke Wonosobo

Image 4

Study banding Ke Wonosobo 

Sumber: Fuad Zein Arifin (Pustakawan)

Komentar