PENILAIAN LOMBA TERTIB ARSIP DESA TINGKAT PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2015

Dilihat : 11836 Kali, Updated: 07 05 2015 22:48:42
PENILAIAN LOMBA TERTIB ARSIP DESA TINGKAT PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2015

Lomba tertib arsip desa tingkat Provinsi Jawa Tengah  diselenggarakan sejak tahun 2009 bersamaan dengan bergulirnya Program Arsip Masuk Desa yang merupakan implikasi dari Program Bali Desa Mbangun Desa,  dimaksudkan agar dapat memberikan dorongan dan semangat bagi pemerintah desa untuk menciptakan tertib administrasi dan dokumen penyelenggaraan pemerintah desa, sehingga arsip / dokumen pemerintah desa dapat tersimpan dengan baik dan mudah untuk ditemukan kembali. Pengelolaan arsip yang baik akan mendukung terwujudnya tertib administrasi. Hal ini berarti akan mendukung pula upaya dalam mewujudkan penyelenggaraan pemerintah desa yang baik dan percepatan pembangunan pedesaan di Jawa Tengah.

Lomba tertib arsip desa tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2015 dikuti oleh 21 (dua puluh satu) desa yang mewakili masing-masing kabupaten di Jawa Tengah. Untuk kabupaten Banyumas, desa yang diajukan untuk  mengikuti lomba tertib arsip desa yaitu Desa Kejawar Kecamatan Banyumas. Penetapan peserta lomba ini setelah melalui survey / pemantauan dan beberapa pertimbangan antara lain Sekdesnya sudah mengikuti Bintek Kearsipan; sudah mendapatkan bantuan sarana / prasarana kearsipan; sudah melaksanakan pembenahan arsip dan menerapkan sistem kearsipan berbasis komputer / teknologi informasi.

Tahap pertama dimulai dengan mengirimkan data sesuai kuesioner yang diberikan disertai  profil desa dalam dua tahun terakhir yang dilengkapi foto-foto kegiatan kearsipan di Desa Kejawar. Dari data yang telah dikirim dan diverifikasi oleh Tim Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, telah ditentukan 12 (dua belas) desa yang masuk kategori baik, salah satunya adalah Desa Kejawar. Kedua belas desa yang kategori baik kemudian dilakukan verifikasi lapangan untuk menentukan 6 (enam) besar sebagai juara pertama sampai dengan juara harapan tiga. 

Verifikasi lapangan / penilaian tahap kedua di Desa Kejawar dilaksanakan pada hari Selasa,  5 Mei 2015. Acara penyambutan tim dari BARPUS Prov. Jateng ( Ibu Dra. Retno Puspito dan Bpk. Joko Setiyono) yang diiringi gendhing karawitan yang dimainkan oleh para pelajar SD/SMP di lingkungan Desa Kejawar berlangsung meriah.  Acara dihadiri oleh Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Banyumas, Camat Banyumas, Muspika, BPD dan perangkat Desa Kejawar, para Kepala Desa se-Kecamatan Banyumas,  Karang Taruna serta ibu-ibu PKK Desa Kejawar.

Pelaksanaan penilaian berlangsung s.d. pukul 12.30 WIB. Meskipun masih ada beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki di masa mendatang, mudah-mudahan Desa Kejawar bisa masuk dalam 6 (enam) besar. Tim juga berharap agar pengelolaan arsip di Desa Kejawar yang sudah baik ini tidak hanya pada saat untuk mengikuti lomba, namun untuk seterusnya.  Desa Kejawar juga bisa menjadi percontohan bagi desa-desa di sekitarnya dan desa di seluruh Kabupaten Banyumas untuk melaksanakan pengelolaan arsip dengan baik.

 

Sambutan Kepala Kantor Perpusarda banyumas

Sambutan Kepala Kantor Perpusarda

Pidato tim dari BARPUS Prov. Jateng Ibu Dra. Retno Puspito

Pidato tim dari BARPUS Prov. Jateng Ibu Dra. Retno Puspito

Sesi Penilaian tertib Arsip

Sesi Penilaian Tertib Arsip

Sesi Penilaian tertib Arsip

Sesi Penilaian Tertib Arsip

 

Dokumentasi Arsip P2, BIN PA.

Sumber : Fitriyah, A.md.

Komentar