KIRAB PUSAKA HARI JADI KAB. BANYUMAS KE 452 DINARPUSDA BANYUMAS

Dilihat : 439 Kali, Updated: Selasa, 21 Pebruari 2023
KIRAB PUSAKA HARI JADI KAB. BANYUMAS KE 452 DINARPUSDA BANYUMAS

Kirab Hari Jadi Kab. Banyumas Ke 452 (19/2) yang dilaksanakan kemarin, Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Banyumas juga ikut memeriahkan acara ini. ada hal menarik yang dibawakan Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Banyumas dalam acara kirab kali ini yaitu Motif Batik yang dikenakan Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kab. Banyumas di desain dan bercorak khusus yang menampilkan ciri khas Banyumas dengan dipadukan kearifan lokal yang menggambarkan ciri khas Tugas dan Fungsi Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Banyumas yang mengandung makna filosofis.

Makna filosofis tersebut anantara lain: Bawor mencerminkan watak Cablaka/Blakasuta, Jujur, Terbuka, Merakyat, Apa adanya, Suka Membela Kebenaran, dan Persaudaraan. Motif Lumbon/Daun Talas menggambarkan alam sekitar pedesaan dimana banyak terdapat tanaman lumbu, tanaman yang sangat merakyat dan dapat diolah menjadi beragam olahan makanan. Kemudian ada buku menggambarkan tempat menyimpan informasi sebagai sumber ilmu. Boks Arsip berfungsi untuk menyimpan arsip. Salam Literasi melambangkan Salam Perpustakaan dan Salam Arsip melambangkan Salam Kearsipan.

Terimakasih kepada warga Banyumas yang antusias mengikuti Kirab serta memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Banyumas. Banyumas, Tatag, Teteg, Tutug !

Komentar